Tips Memilih Control Panel Yang Tepat

Memilih control panel yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kita sangat penting untuk menunjang bisnis anda. berikut ini adalah Tips Memilih Control Panel Yang Tepat. seperti yang anda ketahui cPanel/WHM sangat kaya fitur kontrol panel serta didukung oleh berbagai plugin menarik. Bahkan cPanel merupakan panel kontrol yang paling dominan di pasar web hosting. Artikel ini akan membantu Anda untuk memilih antara cPanel dengan beberapa control panel lainnya karena artikel ini menceritakan pro dan kontra dari setiap panel kontrol.

Kebutuhan Anda Dengan Control Panel

Dengan mengetahui pengertian control panel yang telah disebutkan di atas maka dapat kita simpulkan sebagai berikut

  • biaya yang sesuai budget
  • kebutuhan akan control panel yang minim resource
  • tingkat security dari control panel yang akan digunakan
  • support dari pengembang (developer) dari control panel

Tips Memilih Control Panel Yang Tepat

dibawah ini saya urutkan control panel berbayar dan gratis yang umum digunakan (terutut dari yang terbaik)

 

1. cPanel/WHM
cPanel adalah web hosting control panel yang paling populer di dunia. Fasilitas ini memudahkan pemilik account hosting untuk mengatur seluruh fasilitas web hosting yang dimilikinya.
cPanel adalah control panel hosting berbasis linux. Antarmuka grafisnya juga membantu Anda untuk mengelola website Anda dan account web hosting sangat mudah dan cepat.

cPanel memberikan kontrol penuh atas berbagai aspek dari situs dan administrasi melalui web browser standar dan juga arus proses seperti Membuat database, pengaturan akun email dan auto responder dan mengelola file website.
Kekurangan dari WHM/cPanel:

saat ini belum ada kekurangan yang berarti. cPanel memiliki fitur auto fix untuk segala troubleshoot

2. Webuzo (berbayar & gratis)
Selain cPanel,  Tips Memilih Control Panel Yang Tepat lain adalah webuzo. anda pasti sering melihat fitur softaculous untuk aplikasi auto install CMS seperti wordpress, joomla, drupal dan lain-lain.
Webuzo sendiri adalah produk dari softaculous yang sering saya gunakan. disamping fiturnya tidak jauh berbeda. webuzo memiliki script auto install seperti layaknya anda menggunakan WHM/cPanel.

Kekurangan dari webuzo:

Tidak semua fitur siap digunakan, harus anda install satu persatu
tidak mendukung dns cluster
Update: tidak semua fitur bisa digunakan mariaDB, nginx sudah tidak bisa digunakan pada versi gratis

 

3. Plesk (berbayar)
Plesk adalah salah satu aplikasi control panel hosting yang juga popular. Sebagian perusahaan hosting menawarkan/menggunakan aplikasi ini. Plesk saat ini tersedia bagi OS server Windows dan Linux. Keduanya adalah produk yang berbeda, walaupun diberi merek yang sama yaitu Plesk.

Kekurangan dari plesk:

grafik antar muka masih membingungkan untuk pengguna awam
sulitnya optimasi jika tidak memiliki pengetahuan mengenai webserver

4. DirectAdmin
DirectAdmin adalah control panel web hosting berbasis web yang dirancang untuk mengelola website lebih mudah. DirectAdmin bisa diinstall dibeberapa variant linux seperti Red Hat, Fedora Core, Red Hat Enterprise Linux, CentOS, Ubuntu dan Debian. Bahkan bisa juga digunakan pada FreeBSD.

5. VestaCP (gratis)
VestaCP adalah aplikasi open source web hosting control panel yang secara default memungkinkan untuk meng-host dan mengelola website Anda dengan mudah pada VPS Anda.

Dan yang paling saya suka Tampilan VestaCP support untuk bahasa Indonesia.

kekurangan dari VestaCP:

admin tidak bisa jump langsung ke user seperti layaknya cPanel
pertama kali install, saya menemui error sewaktu membuat database

6. Spanel (berbayar)
Spanel adalah panel kontrol hosting yang digunakan dan dikembangkan sendiri oleh Masterweb (indonesia). Walaupun juga menawarkan layanan hosting dengan server berbasis panel kontrol lain seperti cPanel dan Plesk, masterweb hingga kini masih aktif juga menggunakan Spanel untuk server-server hostingnya maupun banyak server internal/publik lainnya.

Kekurangan Spanel:

tidak dapat saya sebutkan (entar saya dibilang black campaign), cintailah produk indonesia

 

7. Webmin (gratis)
Webmin adalah control panel berbasis web untuk administrasi sistem untuk Unix. Anda dapat melakukan setup Apache, DNS, file sharing dan banyak lagi.

 

8. Anjeti (gratis)
Ajenti merupakan control panel berbasis web yang bersifat open source. Ajenti sangat cocok digunakan di VPS maupun dedicated server.

9. Zpanel
Zpanel adalah alternative panel gratis lain selain kloxo dengan tampilan yang modern dan lebih atractive.
Ada kelebihan ada juga kekurangannya, zpanel memiliki sedikit kekurangan yaitu sedikit sulit di install

10. ISPconfig
ISPConfig 3 adalah control panel open source untuk Linux yang mampu mengelola beberapa server menjadi satu kontrol panel (master).

11. OpenPanel
OpenPanel adalah sistem yang dibangun secara modular untuk adminstrasi pengelolaan lingkungan server dan desktop. Seperti ditulis di situs pengembangnya, aplikasi ini merupakan platform terbuka dimana pengguna atau pengembang lainnya dapat merealisasikan ideanya dengan mudah diatas OpenPanel. Kunggulan lain dari OpenPanel adalah termasuk antarmuka yang moderen dan bersih yang dibangun secara modular dan terbuka

12. EHCP
EHCP (Easy Hosting Control Panel) adalah aplikasi opensource yang sangat effective digunakan untuk Control Panel Hosting yang menawarkan Anda untuk meng-host situs web, membuat account ftp, account email, sub domain dan sebagainya. Ehcp adalah control panel hosting yang pertama ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan tersedia secara gratis.

13. Kloxo/KloxoMR (gratis)
KloxoMR sendiri adalah pengembangan dari kloxo yang sudah depecreated (sudah tidak dikembangkan lagi). sebelum mengenal webuzo, saya sendiri menggunakan kloxoMR.

Demikian artikel Tips Memilih Control Panel Yang Tepat ini kami buat. semoga dapat membantu anda dalam memilih control panel vps untuk hosting anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + nine =

Dapatkan Penawaran Promo Menarik dari IDniX.net, Jangan sampai kelewatan!
Lihat Promo