Tips Memilih Colocation Server Indonesia Terbaik dan Murah

Colocation server adalah layanan tempat menyimpan atau menitipkan server pada Datacenter yang mana infrastrukturnya sudah memenuhi standar keamanan fisik. Beberapa infrastruktur yang dimaksud mencakup kestabilan arus listrik, power generator, UPS, air temperatur control, kestabilan akses internet, CCTV, dan pastinya keamanan. artikel ini akan membahas secara ringkas apa saja Tips Memilih Colocation Server Indonesia Terbaik dan Murah tersebut.

Biasanya sebuah bangunan yang digunakan sebagai pusat penyimpanan data ini harus lulus dari persyaratan sipil bangunan yang berarti bangunan tersebut setidaknya bisa bertahan ketika ada gempa dan angin topan.

Tingkatan data center biasanya diklasifikasikan dengan best uptime atau tingkat ketersediaan jika jaminan uptimenya semakin tinggi maka level data center tersebut akan tinggi juga. Berikut ini adalah pembagian level dari data center.

Colocation server Indonesia terbaik dan murah sekiranya bisa menjadi solusi terbaik untuk anda. Jika anda memutuskan untuk membangun datacenter sendiri, anda harus menyiapkan beberapa material, arsitek (konsultan), dan peralatan pendukung lainnya sampai rumah jadi lalu siap dihuni.

Namun jika anda memilih meletakan server anda pada colocation server yang kami sediakan, Anda bisa langsung menggunakan dan menempatinya.

Tips Memilih Colocation Server Indonesia Terbaik dan Murah

     
1. Perhatikan Reputasi dan Tier Datacenter
Reputasi penyedia colocation server menjadi pertimbangan penting yang perlu Anda perhatikan. Pastikan Anda hanya memilih perusahaan dengan reputasi bagi dan telah terbukti dan tersertifikasi. Utamakan memilih layanan colocation yang mampu memberi jaminan server Anda tidak akan bermasalah dalam beberapa tahun mendatang. Karena itu, jeli sebelum menandatangani kontrak.

Berdasarkan fungsinya, Datacenter dibagi menjadi 2 kategori umum yaitu:

  1. Internet Data Center : hanya untuk mendukung aplikasi terkait dengan Internet saja, biasanya dibangun dan dioperasikan oleh service provider atau perusahaan yang memiliki model bisnis berdasarkan pada Internet commerce.
  2. Corporate/Enterprise Data Center : mendukung semua fungsi yang memungkinkan berbagai model bisnis berjalan pada layanan Internet, intranet, dan keduanya.
dan untuk tingkatan atau tier datacenter adalah sebagai berikut:
Tier 1

  • Hanya untuk penggunaan dalam skala kecil
  • Single path power dan cooling distribution tanpa redundant component
Tier 2
  • Peggunaan untuk skala sedang
  • Single path power dan cooling distribution dengan redundant component (N+1)
Tier 3
  • Sangat cocok untuk penggunaan berskala perusahaan/ besar
  • Dual power dan cooling distribution part dengan redundant (N+1)
  • Multiple uplinks
Tier 4
  • Sangat cocok untuk penggunaan berskala perusahaan/ besar
  • Dual active power dan cooling distributor path dengan redundant (N+1)
  • Multiple active uplinks, storage, chiller dan HVAC systems
Uptime yang wajib dijaga tiap-tiap datacenter:
  • Availabitas tier 1 : 99, 671%
  • Availabitas tier 2 : 99, 741%
  • Availabitas tier 3 : 99, 982%
  • Availabitas tier 4 : 99, 995%
 

2. Utamakan Koneksi Internal dan Ekstenal Baik

Tips berikutnya utamakan untuk memilih colocation server yang mempunyai koneksi baik. Mencakup koneksi internal dan juga eksternal. biasanya tiap-tiap datacenter memiliki Internet Exchange sendiri (IIX/OpenIXP, istilah pertukaran interkoneksi). Hal ini agar mendapat kemudahan dalam operasional perusahaan jika anda menggunakan ISP yang berada satu Exchange.

3. Mempunyai Stabilitas Jaringan Baik

Seperti yang kami sebutkan diatas, silahkan pertimbangkan colocation server yang mempunyai stabilitas jaringan baik. Sehingga dapat memudahkan berbagai macam kegiatan perusahaan.

4. Keamanan
Sudah seharusnya server-server di datacenter ditempatkan di lokasi yang aman. Baik dari jangkauan orang asing ataupun bencana. Pasalnya server merupakan aset penting bagi perusahaan. Oleh karena itulah, wajib hukumnya memilih colocation server terbaik guna meminimalisir risiko kerugian.

5. Pertimbangkan Harga
Memilih colocation server yang murah dan sesuai budget. Paling tidak sesuai dengan kebutuhan dan dapat memberi pelayanan berkualitas dan optimal bagi perusahaan. Adapun soal harga ini sebaiknya juga tidak melupakan biaya setup yang perlu dibayar oleh pihak perusahaan.
 

Demikian Tips Memilih Colocation Server Indonesia Terbaik dan Murah, sehingga anda tidak perlu repot membangun sendiri rak server ataupun memilih lokasi yang tepat. Membangun datacenter bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Insfrastruktur yang perlu disiapkan terbilang rumit. Adapun untuk mendapat pelayanan optimal sebanding dengan harga yang dibayar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + nine =

Dapatkan Penawaran Promo Menarik dari IDniX.net, Jangan sampai kelewatan!
Lihat Promo